8 Tips Nasihat Finansial Ini Membuat Hidup Anda Lebih Nyaman

Tak tidak banyak orang yang mempunyai pola pikir bahwa di umur 20-an, ialah waktu di mana kita menciptakan keputusan finansial entah tersebut menyenangkan atau tidak, yang berdampak untuk masa depan. Setelah itu, di umur 30-an, kita bermukim memilihara urusan tersebut dengan baik, supaya bisa terus berlangsung baik laksana yang diharapkan. Di samping itu, di usia-30an tidak sedikit orang yang menyimpulkan untuk menginjak fase kehidupan baru laksana menikah dan mempunyai keluarga sendiri.

8 Tips Nasihat Finansial


Tujuan anda untuk menjangkau fase baru kehidupan tersebut, tentu dapat dicapai dengan gampang dan kehidupan anda dapat jauh lebih nyaman, andai memilki fondasi finansial yang kuat. Maka dari itu, mulailah untuk mengetahui 8 nasihat keuangan berikut, setelah tersebut coba lakukan ke kehidupan kamu.

Hidup Lebih Nyaman di Umur 30-an dengan 8 Nasihat Finansial Ini



  • Lebih Baik Sewa atau Beli Rumah


Di umur 30, nasihat keuangan untuk menilai lokasi tinggal mesti segera dilakukan. Apakah lebih baik untuk melakukan pembelian rumah atau sewa?

Jawaban dari pertanyaan ini begitu kompleks, dan tidak terdapat jawaban yang tepat, sebab sebenarnya, keduanya dapat menjadi keputusan tepat, tergantung dari kondisi serta situasi ekonomi.

Jika anda memilih guna beli rumah

Sebelumnya anda harus pertimbangkan sejumlah aspek, laksana situasi housing bubble (naik atau turunnya harga lokasi tinggal yang dirangsang oleh tidak sedikit atau sedikitnya permintaan), dan rencana jangka panjang tempat yang dipilih, apakah anda akan pindah dari tempat tersebut atau tidak?

Jika anda memilih guna beli rumah, anda tidak melulu menjadi empunya tapi kamu pun harus sediakan ongkos ekstra untuk ongkos asuransi, ongkos perbaikan, ongkos remodeling dan pajak properti.

Ingatlah untuk tidak jarang kali siap sedia dana terpaksa untuk segala ongkos tak terduga laksana kaca jendela pecah atau adanya kerusakan dampak bencana alam.

Jika anda memilih sewa rumah

Nasihat finansial untuk anda yang memilih sewa rumah, pastikan ongkos sewa tidak memakan 30% dari penghasilanmu. Hal ini ialah aturan mutlak maksimal untuk mencarter rumah.

Ketika anda sewa murah, anda memang bisa menekan ongkos daripada melakukan pembelian yang memang harganya lebih mahal. Namun, nantinya anda tidak bakal mendapatkan asset apapun, sebab rumah yang anda bayarkan sewanya masing-masing bulan ialah milik orang lain.

Sudah menilai pilihan? Kalau masih bingung, kamu dapat lihat teknik mempertimbangkan sewa atau beli lokasi tinggal di sini.


  • Hidup dari Gaji ke Gaji


Pernahkan anda menemukan dirimu melulu hidup dari gaji ke gaji selanjutnya? Waktu di mana anda terbiasa hidup dengan mengandalkan gaji.

Bahkan tak jarang, belum hingga akhir bulan anda sudah kehabisan uang sampai-sampai harus meminjam untuk teman dan kerabat, mengandalkan kartu kredit, atau memungut uang tabungan. Jika anda merasa tak asing dengan situasi di atas, di umur 30 urusan ini mestilah diselesaikan.

Lalu apa yang dapat kamu lakukan?

  1. Kalau dari mula kamu merasa tidak memiliki tidak sedikit pemasukan, mulailah dengan menganalisa ke mana saja uangmu terpakai.
  2. Siapkan diri untuk mengerjakan pengurangan bikin hal-hal yang tidak penting.
  3. Kalau anda sudah mengupayakan mengatur ongkos sedemikian rupa, tetapi masih merasa kelemahan sampai dengan akhir bulan, pertimbangkan guna mengganti kegiatan yang menyerahkan gaji lebih baik atau menggali kerja sampingan.


Masih merasa kesulitan? Lihat tahapan lengkap guna menghentikan kelaziman hidup dari gaji ke gaji di sini.


  • Memiliki Uang Darurat


Hidup serba tak tersangka dan tak dapat terprediksi. Terkadang, anda mungkin telah merencanakan bila semua berlangsung dengan baik, namun bukan tidak barangkali hal itu dapat melenceng jauh dari yang seharusnya. Akhirnya, anda pun membutuhkan sejumlah dana seketika untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut.

Maka dari itu, bersikap antisiatif dengan menyiapkan dana darurat ialah nasihat keuangan yang mesti anda lakukan di umur 30-an. Tentu saja, anda tidak inginkan kan keperluan mendadak laksana sakit, mesti melakukan pembelian handphone sebab rusak, atau lainnya membuat anda harus berhutang atau bahkan menggunakan dana tabungan.

Lalu apa yang dapat kamu lakukan?

Mulailah menyisihkan uang guna dana terpaksa setiap bulannya. Paling tidak, anda harus mempunyai dana terpaksa sebesar 6 bulan pengeluaran ongkos hidupmu. Lihat teknik lengkap persiapkan dana terpaksa di sini.


  • Lunasi Utang


Memiliki utang, kini ini rasanya laksana hal yang biasa. Apalagi dengan mudahnya akses pinjaman konsumtif laksana kartu kredit dan pinjaman online konsumtif sampai fitur bayar nanti.

Padahal, apapun alatnya mempunyai utang laksana di atas, andai dihitung mempunyai bunga yang lumayan, lho. Pantas saja, masing-masing akhir bulan, duit tak jarang langsung berakhir karena untuk menunaikan tagihan kartu kredit.

Lalu, apa yang dapat kamu lakukan?

Cobalah guna melunasi utang dengan cara Debt Snowball yang dipopulerkan oleh perencana finansial asal Amerika, Dave Ramsey.

Debt Snowball ialah metode guna menyusutkan utang, di mana anda mulai membayarkan utang jumlah terkecil dengan nominal di atas minimum, sampai akhirnya hingga ke pembayaran utang terbesar dengan nominal minimum.

Berdasarkan keterangan dari penelitian dari Harvard Business Review, teknik ini lumayan efektif lho guna melepaskan anda dari jeratan utang dan cicilan. Yuk, mulai terapkan cara Debt Snowball dengan baik lewat ulasan ini.


  • Memiliki Pemasukan Tambahan


Kalau anda serius hendak memulai mempunyai simpanan dana yang aktif dan terbit dari jeratan utang, usahakanlah pertimbangkan guna mempunyai pendapatan lebih dari satu.

Tenang saja, dengan populernya Gig Economy (tren bisnis di mana perusahaan lebih memilih guna mempekerjakan pekerja lepas atau freelance daripada full-time employee atau pekerja sarat waktu), pasti saja jadi tidak sedikit kesempatan untuk anda melakukannya.

Lalu apa yang dapat kamu lakukan?

Mulai dengan menawarkan jasamu untuk siapapun yang anda kenal. Setelah itu, kerjakan analisis dan pilih satu atau dua urusan untuk anda fokuskan yang memang menghasilkan.

Lakukan apapun yang kamu dapat supaya bisa semakin baik di industri ini, dengan demikian kamu dapat menawarkan harga yang lebih tinggi guna kemampuanmu.


  • Buat Makanan Sendiri atau Beli


Tidak dapat dipungkiri, makanan ialah pengeluaran mesti yang tak dapat dihindari. Semua orang memerlukannya guna bertahan hidup.

Memang, tidak sedikit nasihat finansial yang menyarankan untuk menyiapkan makanan sendiri, namun pada satu sisi melakukan pembelian makanan pun dapat membuat ongkos lebih efektif.

Kalau telah begini, mengerjakan analisis ongkos bisa anda lakukan guna menilai mana yang terbaik untukmu.

Sebagai contoh, andai tarif anda per jam lebih banyak dari jumlah dana yang kamu pakai untuk menciptakan makanan, maka bakal lebih masuk akal secara hemat untuk bekerja dan melakukan pembelian makanan.

Katakanlah, kegiatan sampinganmu menghasilkan Rp 1 juta per jam, dan memasak memerlukan waktu 2 jam, bila begitu bakal lebih masuk akal memakai waktu itu untuk bekerja daripada menciptakan makanannya.

Namun, untuk sebagian besar dari kalian, barangkali lebih baik menyiapkan makanan sendiri.

Melihat dari segi ekonomi, banyak sekali dari anda tidak mampu melakukan pembelian makanan sehar yang sebelumnya telah disiapkan secara eksklusif.

Tak melulu itu, makanan-makanan murah yang telah matang, seringkali faktor kesehatannya dipertanyakan.

Gula yang terlalu tidak sedikit bisa mengakibatkan diabetes tipe II. Di samping itu, daging olahan pun dapat berpotensi membawa anda lebih dekat terserang penyakit kardiovaskular.

Tentu saja, bila telah terkenal hal laksana di atas, ongkos yang dikeluarkan jauh lebih besar.

Lalu apa yang dapat kamu lakukan?

Pelajari frugal cooking strategis atau teknik memasak hemat. Cara ini seringkali mudah guna diikuti, dan pun sehat. Apalagi di zaman serba digital laksana sekarang, kamu dapat menemukan metodenya di mana saja.

Untuk menghemat waktu, buatlah makanan dalam jumlah besar, andai kamu dapat menciptakan 10 makanan dalam 2 jam, lakukanlah.

Simpan sisanya dalam kulkas untuk anda olah sekitar seminggu ke depan.

Pastikan makanan yang anda buat dapat bertahan sangat tidak dalam masa-masa 1 minggu di dalam kulkas.


  • Memilih Pasangan Hidup


Tahukah kamu? Pasangan hidup dapat sangat menilai anda dalam memungut keputusan keuangan.

Keuangan ialah hal yang paling sering menciptakan pasangan bertengkar, bahkan penelitian dari Kementrian Agama (2014), ada sejumlah 24% permasalahan perceraian diakibatkan oleh masalah ekonomi.

Memang, urusan itu bukanlah sesuatu yang mesti anda abaikan, sebab hal ini dapat mempengaruhi tingkat kestabilan keuangan kamu untuk mengawali sebuah keluarga, melakukan pembelian rumah dan keputusan beda yang dapat mengolah hidup.

Lalu apa yang dapat kamu lakukan?

Jika anda mempunyai pasangan dan hendak melangkah ke jenjang selanjutnya, lakukanlah percakapan yang betul-betul dan jujur bareng tentang finansial. Berikut pertanyaan yang dapat kamu tanyakan.

Bagaimana teknik mereka mengelola keuangan?
Apakah pola pengeluaran anda dan pasangan selaras?
Apakah pasangan mempunyai kebiasaan melakukan pembelian barang yang tak dapat dikontrol sampai-sampai tidak dapat menahannya?
Bagaimana kesehatan pasangan? Apakah kalian butuh mempunyai rencana kesehatan di masa depan. Jika iya, kapan memulainya?


  • Membayar Pajak


Setiap masyarakat memiliki keharusan untuk menunaikan pajak. Melakukan penghindaran pajak tidak melulu adalahpelanggaran serius, namun secara moral pun bukan sesuatu yang baik.

Pajak yang anda bayarkan, paling erat kaitannya dengan pembangunan negara dalam janga panjang.

Mungkin anda sedikit merasa apatis akan menunaikan pajak, lagipula dengan adanya pandangan yang buruk mengenai sistem pajak.

Tapi usahakanlah untuk lebih menelaah, bila hidupmu di tempat anda tinggal ketika ini tidak sedikit mendapatkan guna dari kontribusi generasi sebelumnya.

Tidak bakal ada jalan raya, jembaran layang atau kemudahan apapun yang memudahkanmu beraktivitas, andai tidak terdapat kontribusi dana pajak.

Lalu apa yang dapat kamu lakukan?

Bayarlah pajak tepat waktu. Mungkin hasilnya tidak langsung terlihat, tetapi hal ini dapat menjadi di antara kontribusimu untuk menciptakan negara menjadi lebih baik guna anak-cucu nanti di masa depan.

Itulah nasihat finansial untuk anda yang kini sudah berumur 30-an. Kamu dapat memulai guna menerapkannya satu-satu, bukan tidak barangkali di umur kepala 4 nanti kamu dapat bebas keuangan atau pensiun dini.

Jangan lupa pun untuk mengerjakan investasi karena menyimpan uang saja tidak lumayan untuk dapat mengisi segala keperluan di masa mendatang yang berbahaya inflasi.

Mendanai di KoinWorks, Super Financial App dapat menjadi investasi pilihan untuk dilakukan.

Melalui KoinWorks, kamu dapat mendanai di KoinP2P atau KoinRobo, mulai dari Rp100.000 dan menemukan imbal hasil efektif 18% per tahun.

KoinWorks sendiri adalahsuatu platfrom yang memungkinkan anda untuk mendanai dan meminjam dana sekaligus dalam satu aplikasi.

Semua pendanaan yang anda lakukan aman sebab KoinWorks telah berizin dan dipantau oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kami tunggu pendanaan anda di KoinWorks, ya. Selamat mengupayakan dan semoga berhasil!