Tips Manajemen Keuangan yang Baik dengan 30 Financialmu

Selama ini anda sudah tidak sedikit menemukan pelbagai trik mengenai teknologi atau travel, yang dapat memudahkan kehidupan anda sehari-hari. Nah sekarang, saatnya anda mengetahui manajemen finansial yang baik melewati financial hacks.

Tips Manajemen Keuangan yang Baik dengan 30 Financialmu


Trik-trik keuangan ini, dapat membantu anda dalam menghadapi kebocoran finansial yang sering terjadi pada kehidupanmu sekitar ini. Mungkin saja, anda telah memahami trik-trik ini sebelumnya, namun tak terdapat salahnya guna menelaahnya kembali. Bisa saja, financial hacks inilah menjadi lebih relevan dengan keadaan anda sekarang.

Manajemen Keuangan yang Baik dengan 30 Financial Hacks



  • Kartu Kredit

Jangan menggunakannya, saat sedang tidak terdapat promosi atau keuntungan keuangan lain yang dapat kamu dapatkan. Kartu kredit menciptakan pengeluaran duit menjadi lebih abstrak, dan secara psikologis dapat mendorong anda melakukan pembelian implusif 56% lebih banyak.

Buatlah pengingat masing-masing minggu untuk menunaikan tagihan kartu kredit. Hal ini dapat membantu manajemen finansial dalam menghindari pengeluaran kumulatif sepanjang bulan. Di samping itu, kamu pun jadi memahami berapa sisa sisa di rekeningmu dan membuatmu mengontrol pengeluaran.

Gunakanlah kartu kredit yang menyerahkan cashback. Setiap memakai kartu kredit, anda akan menemukan reward, namun seringkali hanya dapat digunakan guna spesifik kelompok tertentu. Tapi kamu dapat menyimpan cashback, untuk dipakai sesuai keinginan nantinya.

Batasi kartu kredit yang anda miliki. Mungkin kamu beranggapan memiliki sejumlah kartu sangatlah bermanfaat karena dapat dipakai untuk kebutuhan berbeda-beda. Namun, akan paling merepotkan untuk memakai kartu kredit secara bergantian, belum lagi ongkos administrasi yang menanti.


  • Bayar Tagihan

Ubahlah pembayaran anda yang sebelumnya perbulan, menjadi masing-masing minggu. Hal ini dapat membantu manajamen keuangan anda dengan meminimalisir bunga dan jumlah utang keseluruhan.

Berdasarkan Dave Ramsey, bila kamu memiliki pelbagai utang, cara Debt Snowball paling baik guna diterapkan. Prioritaskan utang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu. Setelah utang itu lunas, baru konsentrasi ke utang selanjutnya.

Apa yang lebih baik: Rp2 juta di tabungan tabungan atau Rp1 juta di utang kartu kredit, atau Rp1 juta di simpanan tanpa adanya utang kartu kredit? Sudah pasti, urusan terakhirlah yang lebih baik.

Utang dengan bunga tinggi, menciptakan bunga atau deviden yang anda dapatkan dari tabungan dapat tergerus. Sisihkan duit yang kamu tabung untuk kebutuhan darurat, lalu pakai selebihnya guna melunasi utang.

Kamu mempunyai utang dengan bunga yang tinggi? Melunasi utang dengan utang yang lain sebetulnya strategi yang lumayan umum guna dilakukan, asalkan pinjaman baru itu mempunyai bunga lebih rendah.


  • Belanja

Saat mengerjakan pembelian dalam jumlah besar di e-commerce, coba guna menaruhnya di keranjang untuk sejumlah hari atau minggu. Mungkin saja, anda akan menemukan email penawaran diskon mengenai item yang anda inginkan.

Belilah voucher diskon yang dapat digunakan guna berbelanja. Hal ini dapat menjadi simpanan untukmu ke depannya. Kamu juga dapat menggunakan software berbelanja yang memungkinkan anda mendapat cashback dari masing-masing pembelanjaan di e-commerce tertentu.

Jangan meremehkan ongkos pengiriman (ongkos kirim) atau lainnya. Pastikan berpulang pada penjual, apakah ongkos tersebut dapat dikurangi atau bila butuh gunakanlah fitur cuma-cuma ongkir yang biasa disediakan e-commerce tertentu. Membeli barang bareng dengan rekan juga dapat dijadikan penyelesaian untuk menekan ongkos ongkir.

Jadwalkan waktu anda berbelanja. Banyak barang yang bakal didiskon pada masa-masa tertentu. Saat itulah tepat bagimu untuk mengerjakan pembelian. Manajemen finansial yang baik, bukan?

Bandingkan harga secara online. Cek harga barang yang kamu mau paling tidak dari 3 platform melakukan pembelian barang online yang berbeda.

Kalau anda lemah terhadap godaan email penawaran dari sekian banyak  e-commerce, diamlah berlangganan email tersebut. Gunakan unroll.me guna unsubscribe secara cepat dan mudah.

Tidak inginkan berhenti berlangganan? Kamu dapat membuat email baru. Daftarkan dan kirim seluruh email promo penawaran ke email ini. Jangan lupa, bila kamu melulu boleh membuka email ini bila hendak berencana mengerjakan pembelian, dan lihat apakah terdapat promosi yang menguntungkan.


  • Traveling

Gunakan Google Flights untuk mencocokkan harga seluruh penerbangan yang ada. Jika masa-masa yang anda miliki fleksibel, anda juga dapat disarankan hari beda yang mempunyai tiket lebih murah.

Berdasarkan forum Reddit, barangkali kamu dapat mendapatkan harga lebih murah andai membeli tiket kembali dan pergi secara terpisah. Langsung terapkan urusan ini guna mendapatkan manajemen finansial yang lebih baik.

Pilih tujuan liburan menurut dengan seberapa tidak sedikit kamu dapat mengeluarkan uang. Banyak situs perjalana yang masing-masing tahunnya menerbitkan panduan “destinasi liburan yang value for money (mengeluarkan duit sedikit tetapi mendapatkan liburan yang maksimum).

Kalau bisa, kemas tidak banyak barang dan hindari check in bagasi. Hal ini dapat membuatmu berhemat sebab terhindar dari bisa jadi menambah ongkos bagasi dan meminimalisir pembayaran lain. Contohnya, terdapat kemungkinan anda akan memakai taksi andai membawa koper yang berat. Nah, dengan membawa tas ringan, kamu dapat menggunakan transportasi umum yang lebih murah, daripada taksi.

Pilih konsentrasi liburan. Apakah liburan yang hendak dilakukan ialah wisata kuliner? Sight-seeing trip atau lainnya?

Setelah itu, kamu dapat memprioritaskan perkiraan pada empiris jalan-jalan yang hendak kamu nikmati, dan menghemat pengeluaran di hal tidak cukup penting.


  • Gaya Hidup

Setiap kali kamu hendak membeli sesuatu yang bisa jadi tidak terlalu urgen selalu tanyakan untuk dirimu sendiri-sendiri berkali-kali. “Barang ini dipakai untuk apa? Bisa bertahan berapa lama? Kalau ini tidak ada, dapat diganti dengan apa?”

Jika sewa rumah memberi beban pada pengeluaran kamu, tidak boleh gengsi menggali teman guna tinggal bareng atau pindah ke lokasi tinggal orang tua.

Jadilah lebih minimalis dengan melakukan pembelian barang cocok kebutuhan. Hal ini dapat menghindari barang menumpuk dan sekaligus menghemat biaya.

Di samping itu, jadilah minimalis dalam urusan berpakaian. Daripada membeli tidak sedikit pakaian baru, usahakanlah terapkan capsule wardobe atau teknik meminimalisir wardrobe dengan sejumlah key item yang bisa dipadu-padankan.

Masak santap sendiri. Sangat gampang untuk mengerjakan hal ini, lagipula dengan banyaknya konten-konten online ketika ini. Kamu dapat mencari di youtube mengenai tips mudah menciptakan makanan dalam satu menit berserta ilham makanannya.

Sebisa mungkin, pilih barang yang multiguna. Contohnya, pasti lebih murah mempunyai ponsel bagus dengan kamera yang pun bagus, daripada mempunyai ponsel biasa dengan kamera bagus.


  • Investasi

Pilihlah investasi yang tidak membutuhkan modal banyak. Kamu dapat memilih mendanai di KoinP2P dan KoinRobo melewati KoinWorks, Super Financial App.

Hanya dengan Rp100,000 kamu dapat mulai menemukan imbal hasil efektif 18% per tahun.

Tenang saja, KoinWorks telah berizin dan dipantau oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Setelah anda memutuskan instrumen investasi yang tepat, buatlah dirimu secara konsisten guna melakukannya masing-masing bulan, sehabis gajian.

Kalau mendanai di KoinP2P melewati KoinWorks, kamu dapat mengaktifkan fitur Auto Purchase, yang membantu anda mendistribusikan pendanaan ke pinjaman-pinjaman yang sebelumnya sudah anda preferensikan.

Kalau anda masih bingung di mana atau bagaimana menginvestasikan uangmu, jajaki tanyalah untuk wanita. Biasanya, wanita ingin akan menciptakan keputusan investasi yang lebih aman. Itulah yang menciptakan mereka lebih baik ketika menjadi investor.


  • Asuransi

Apa urusan yang tidak jarang kali harus anda bayar, tetapi kamu bercita-cita tidak pernah memakainya? Jawabannya ialah asuransi.

Memang, agak berat membayangkan bila kamu mesti menunaikan iurannya tiap bulan, namun asuransi ialah hal penting.

Tapi anda tidak mesti menanggung seluruh tipe asuransi. Pilihlah asuransi-asuransi yang memang cocok dengan hidupmu.

Itulah 30 trik keuangan yang dapat memudahkan manajemen finansial kamu. Mungkin masih tidak sedikit di luar sana trik keuangan yang ada, tetapi hal-hal di atas, andai diterapkan dengan baik dapat membuat evolusi besar lebih baik di kehidupan finansialmu.

Dari financial hacks di atas, mana trik yang sudah anda terapkan dan apa favoritmu?

Yuk, bagikan tulisan ini untuk kerabat dan temanmu, agar mereka pun ikutan mempunyai manajemen finansial yang baik sepertimu!