Menyambut Imlek, Inilah 4 Tips Agar Keuangan Kamu Tetap Stabil

Imlek menjadi di antara perayaan yang ditunggu-tunggu untuk orang Tionghoa. Di samping pemberian amplop merah atau angpao, bakal ada acara bahagia lainnya yang biasa dirayakan ketika Imlek.

Seperti hari raya lainnya, tahun baru Imlek pun akan lebih khidmat bila dirayakan bareng keluarga besar. Tapi, tidak menutup bisa jadi bahwa bakal ada tidak sedikit biaya yang dikeluarkan sekitar perayaan ini berlangsung.

Oleh sebab itu, anda harus mulai mengatur perkiraan Imlek, nih. Mulai dari angpao, melakukan pembelian pakaian baru yang akan digunakan saat Imlek, melakukan pembelian makanan dalam jumlah besar guna dimakan bersama, hingga berjalan-jalan bareng kerabat.

4 Tips Agar Keuangan Kamu Tetap Aman Waktu Imlek


Tenang saja, kali ini anda tidak perlu cemas uang anda terkuras berakhir karena banyaknya pengeluaran pada ketika tahun baru Imlek. KoinWorks punya sejumlah tips keuangan supaya dompet anda tetap aman, lho. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

4 Tips Agar Keuangan Kamu Tetap Aman Waktu Imlek



  • Memberi Angpao Sesuai Anggaran

Tradisi saling memberi angpao sekitar tujuh hari menjelang imlek tidak jarang disebut sebagai Hari Persaudaraan untuk warga Tionghoa. Walaupun sebetulnya tidak ada ketentuan tertulis bahwa tradisi angpao ini mesti terdapat dalam perayaan tahun baru Imlek.

Amplop merah menggambarkan  sebuah doa supaya selalu bernasib baik dan menampik adanya malapetaka di tahun yang baru. Semua orang sudah memahami isi dari angpao yaitu dana yang jumlahnya bervariasi. Biasanya jumlah angpao dicocokkan dengan umur dan kedudukan hubungan keluarga.

Tapi, ketentuan ini tidak mesti dipatuhi, anda yang telah menikah berhak memberi angpao dengan jumlah semampu anda kepada mereka yang belum menikah.

Namun, andai ternyata anda yang berpeluang diberi angpao, tidak boleh sedih dan berkecil hati bila tidak menemukan nominal cocok yang anda harapkan. Sebab, dalam perayaan Imlek, yang terpenting ialah seberapa besar kasih sayang dan doa yang diserahkan lewat angpao tersebut. Bukan jumlah duit di dalamnya.

Atur perkiraan angpao anda sekarang juga, andai merasa bingung jajaki baca tulisan ini guna membantu anda menghitungnya lebih mudah.

Langkah mula yang mesti anda lakukan yakni membuat susunan saudara yang hendak kamu beri angpao, mulai dari yang sangat kecil sampai yang paling anda hormati. Setelah itu, barulah kamu dapat menilai jumlah uangnya.

Jangan tak sempat untuk menulis histori pengeluaran kamu supaya mudah dijamin kembali andai sewaktu-waktu anda membutuhkan datanya. Dengan begitu, keuangan anda akan tetap aman terkendali.


  • Berburu Diskon Pakaian Imlek

Tahun baru Imlek tidak menyeluruh rasanya bila tidak menggunakan baju baru bernuansa merah. Warna merah pada perayaan Imlek mempunyai simbol ‘pengharapan’ di tahun yang baru, di mana seluruh kesedihan bakal digantikan dengan kebahagiaan.

Untuk menghemat anggaran, bakal lebih baik bilamana kamu membelinya dengan memanfaatkan diskon dan potongan harga yang ditawarkan di sekian banyak  marketplace online. Tapi, tidak jarang pun toko-toko yang sedang di mall menawarkan urusan yang sama untuk menaikkan penjualan mereka.

Perlu diingat, saat melakukan pembelian pakaian guna Imlek, tidak boleh biarkan sepasang mata anda menangkap hal unik lainnya. Bukannya hemat, justeru sekarat nantinya.

Oleh sebab itu, pastikan keranjang belanjaan kamu melulu terisi dengan produk fashion yang anda butuhkan ketika Imlek. Bukan diperbanyak kitchen set, televisi, lagipula pernak-pernik dapur yang seharusnya tidak anda beli. Think smart dalam melakukan pembelian barang ya!


  • Menggelar Acara Makan Bersama di Rumah

Makan bareng adalah salah satu acara yang sangat penting saat perayaan tahun baru Imlek. Jika anda memutuskan untuk santap malam bareng di luar rumah, alias di restoran, anda harus menyiapkan budget yang super banyak. Belum lagi, ongkos tambahan pajak serta ongkos pelayanan yang jumlahnya tidak dapat anda pastikan.

Daripada menguras berjuta-juta rupiah, lebih baik santap malam bareng di lokasi tinggal dengan konsep potluck. Pernah dengar potluck?

Yap! Benar sekali. Potluck berarti setiap keluarga menyumbang satu atau lebih lauk pauk untuk lantas dimakan bersama-sama di satu meja besar. Ini ialah cara terbaik untuk mengurangi pengeluaran supaya tidak membengkak.

Lagipula, kehangatan santap malam bareng di lokasi tinggal akan lebih terasa daripada di restoran mewah. Kamu dan family besar juga dapat asik bersantai sambil bersenda gurau tanpa batasan waktu.

Jika dihitung-hitung, melakukan pembelian bahan makanan mentah bakal jauh lebih murah daripada melakukan pembelian makanan yang telah jadi laksana di restoran. Oleh sebab itu, memasak ialah salah satu teknik utama yang dapat kamu lakukan.

Di samping menyenangkan, dengan memasak, anda tidak butuh mengkhawatirkan isi dompet. Setidaknya, aman guna perayaan Imlek di tahun ini.


  • Pergi ke Tempat Wisata Hemat Budget

Wah, tanggal perayaan Imlek di tahun 2020 ternyata jatuh pada hari Sabtu alias akhir pekan! Tentu saja, tidak sedikit orang yang telah merencanakan perjalanan jauh untuk memenuhi liburan seraya merayakan Imlek.

Apa anda termasuk salah satunya? Kalau iya, tempat mana yang hendak kamu kunjungi bareng kerabat dan family besar? Hmm, sepertinya anda harus mempertimbangkannya lagi.

Mengingat harga tiket perjalanan, tiket akomodasi, bahkan tiket masuk wisata tentu akan menjadi lebih mahal dari hari biasanya, berikut saatnya anda mengurungkan niat guna pergi ke luar kota atau ke tempat-tempat wisata yang ramai pengunjung. Lho, mengapa?

Sudah jelas bukan jawabannya? Kamu akan menguras uang jauh lebih tidak sedikit untuk menunaikan tiket yang harganya merangkak naik pada high season, seperti ketika menjelang perayaan Imlek.

Solusinya, jajaki kunjungi tempat-tempat mengasyikkan lain yang tidak memakan tidak sedikit biaya. Misalnya, tempat yang bernuansa alam asri laksana taman kota, atau tempat lain yang dapat memanjakan mata; museum atau mall contohnya.

Untuk hingga ke tempat-tempat tersebut kamu tidak butuh memesan tiket perjalanan darat, air, lagipula udara. Kamu pun tidak butuh memesan penginapan yang harganya dapat sampai selangit. Cukup dengan transportasi pribadi, anda sudah bisa berfoya-foya dalam masa-masa singkat.

Di samping menghemat pengeluaran, bakal lebih baik andai kamu memperhitungkan sisa uang anda untuk disimpan dan kemudian dipakai untuk mendanai di KoinP2P persembahan dari KoinWorks.

Di platform yang telah berizin sah OJK ini, kamu dapat mendanai dengan jumlah paling tidak Rp100.000. Imbal hasil yang anda peroleh per tahunnya menjangkau 21,32% lho.

Tidak tanggung-tanggung, di samping mendapat untung, mendanai di P2P Lending KoinWorks sama saja berkontribusi menambah perekonomian negara. Jadi, tunggu apalagi?