Biar Hemat, Yuk Tiru Cara Atur Uang Ala Orang Jepang Disini!

Banyak yang berpikir bahwa bermukim di negara maju pasti menciptakan masyarakatnya mempunyai sifat konsumtif yang tinggi. Namun nyatanya tidak demikian dengan masyarakat Jepang.

Sikap banting tulang dan disiplin tinggi yang familiar dari masyarakat Jepang ialah salah satu dasar kenapa mereka dapat mengatur segalanya dengan baik, tergolong soal keuangan.

Cara Atur Uang Ala Orang Jepang


Di samping itu, prinsip less is more yang dianut oleh masyarakat Jepang pun benar-benar diterapkan di dalam kehidupan mereka. Berbeda dengan masyarakat di negara maju lainnya, orang Jepang justru dapat menahan diri guna tidak melakukan pembelian barang-barang di luar kebutuhan. Nah, kita penasaran nggak sih trik-trik apa saja yang digunakan orang Jepang dalam menata keungan di kehidupannya sehari-hari? Kita Intip dulu yuk!

Cara Atur Uang Ala Orang Jepang



  • Melakukan Teknik “Kekeibo”

Kekeibo ialah sebutan untuk seni mengatur finansial di Jepang. Teknik yang telah populer semenjak tahun 1900-an ini mengharuskan Anda untuk menulis setiap detil pengeluaran.

Pencatatan ini bakal dianalisa masing-masing akhir bulan. Karena kiat Kekeibo ini, orang Jepang bisa menghemat pengeluarannya secara signifikan. Jadi Anda tidak boleh kaget andai melihat gaya hidup mereka yang minimalis walaupun bermukim di negara yang paling maju.

  • Bagi Keuangan ke 4 Kategori

Membahas Kekeibo lebih jauh, Anda dapat membagikan finansial Anda ke dalam 4 kategori. Pertama, pengeluaran keseharian seperti santap atau ongkos transportasi. Kedua, pengeluaran sekunder seperti melakukan pembelian pakaian dan hangout. Kemudian yang ketiga terdapat pengeluaran kultur, laksana membeli kitab atau menyaksikan bioskop.

Lalu yang terakhir ialah pengeluaran tambahan seperti servis kendaraan atau melakukan pembelian hadiah. Pada akhir bulan, Anda dapat cek pos-pos mana saja yang dapat dibuat lebih hemat. Dari sini, kita akan memahami hal apa saja yang di bulan selanjutnya dapat Anda kurangi supaya nantinya tetap dapat lebih hemat.

  • Berpikir Matang Sebelum Belanja

Teknik Kekeibo dapat Anda aplikasikan dengan sempurna andai Anda telah mempunyai pemikiran yang matang terhadap keputusan Anda ketika akan berbelanja. Memang, godaan melakukan pembelian barang akan tidak jarang kali ada lagipula jika menyaksikan diskon. Tapi ingat, menyangga nafsu untuk mengerjakan pengeluaran ialah landasan mula dari Kekeibo.

  • Wajib Menabung dan Investasi

Hal urgen lain yang mesti kita jalani ialah untuk merealisasikan teknik Kekeibo ialah dengan menyimpan uang atau berinvestasi. Jangan pikirkan nominal simpanan Anda namun pikirkanlah konsistensi kita menabung. Percuma andai di mula Anda menyimpan uang dengan jumlah yang besar namun di bulan-bulan berikutnya kita bermalas-malasan bahkan sampai tidak menyimpan uang sama sekali.

Begitu pula dengan investasi, ini dapat menjadi pilihan untuk menambahkan pundi-pundi finansial Anda. Bisa melewati saham, reksadana, emas, atau mendanai lewat platform online P2P Lending laksana KoinWorks.

Lalu apa keuntungannya guna Anda andai mendanai di KoinWorks? Tenang saja, melulu dengan Rp 100.000 saja kita sudah dapat mendapatkan imbal hasil mulai dari 18% per tahunnya!

Coba bayangkan andai teknik Kekeibo ini sukses Anda terapkan, lantas tabungan serta pendanaan kita di KoinWorks terus berlangsung dengan konsisten. kita bukan hanya sukses menghemat pengeluaran Anda, namun menambahkan pemasukan Anda! Jadi bagaimana? Sudah siap guna coba kiat Kekeibo ini?